Keindahan Air Terjun dan Pantai di Nambung

Pulau Lombok memang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah air terjun asin ‘’Tanjung Jogog‘’ yang berada di Pantai Nambung, Lombok Barat.

Pantai ini begitu sensasional, karena di sisi Timur pantainya terdapat air terjun alami yang terbentuk dari gugusan batu karang raksasa yang dihantam ombak besar dari Selatan. Dari sini kemudian terbentuk buih ombak yang mengalir jatuh melalui dinding sisi karang raksasa tersebut.

Will come to ; Nambung bich” entah disengaja atau tidan, namun begitulah tulisan selamat datang yang dipasang penduduk setempat untuk menunjukkan lokasi Pantai Nambung.

Pertama kali yang akan dirasakan pengunjung saat melihat pantai ini adalah pemandangan pesisir pantai berpasir putih seperti merica dan ombak pantai yang seolah menyambut kedatangan Anda. Pantai Nambung juga memiliki bibir pantai yang sangat luas di lautan lepas serta deretan perbukitan yang mengelilingi pantai tersebut.

Selain itu, Anda juga akan disuguhi deretan rumput laut yang tertata rapi di sepanjang bibir Pantai Nambung. Penduduk pantai di sini memang tidak hanya mencari ikan, tapi juga melakukan budidaya rumput laut.

Foto: corpsd61.blogspot.co.id

Lokasi air terjun Tanjung Jogog ini berada di ujung Pantai Nambung. Untuk mencapainya, Anda harus berjalan kaki menyusuri pantai dan bebatuan. Selain berjalan kaki, ada alternatif lain yaitu dengan menyewa perahu milik nelayan setempat dengan sewa hanya IDR 10 ribu per orang.

Saat pantai sedang surut, di balik tebing bebatuan terdapat kolam alami yang ada di tengah-tengah jajaran batu karang tersebut. Di sanalah lokasi air terjun berada.

Di air terjun ini Anda akan mendapati banyak wisatawan yang sengaja menantikan keindahannya, terutama saat ada ombak besar menghantam batu karang.

Biasanya fenomena ini terjadi sekitar pukul 10.00-15.00 WITA.  Pengunjung tidak disarankan memanjakan diri di bawah aliran air terjun lantaran besarnya ombak yang menerjang ke bebatuan. Jika terhempas, tulang punggung Anda bis cidera berat.

Pantai Nambung terletak di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong bagian tengah, Lombok Barat. Untuk menempuh lokasi pantai ini, rute nya yaitu dari Mataram menuju Sekotong sekitar 2 jam perjalanan. Di pertigaan Sekotong dan Pelabuhan Lembar belok ke kiri memasuki daerah Kecamatan Sekotong.

Di Sekotong ada pertigaan lagi lalu belok  kiri, kemudian lurus menuju pasar Buwun Mas. Dari sini tinggal menyusuri jalan menuju Pantai Nambung. Sesampainya di Pantai Nambung, Anda dapat menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga yang berada di sekitaran pantai.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s