Pantai Tangsi, Nikmati Eksotisnya Pasir Pantai Berwarna Pink

Pantai Pink adalah nama lain dari Pantai Tangsi. Dinamakan Pantai Pink ini karena memiliki pasir pantai yang warnanya merah muda atau pink. Akibat warna yang tidak biasa ini, maka Pantai Tangsi atau Pantai Pink menjadi destinasi wisata yang unik dan indah untuk dikunjungi.

Jika dilihat dari dekat sebenarnya warna asli Pantai ini sama dengan pantai-pantai berpasir putih pada umumnya. Namun, karena bercampur dengan serpihan-serpihan terumbu karang yang berwarna kemerahan maka jika dilihat dari jauh nampak pasir yang berwarna pink.

Bahkan, warna pink akan lebih terlihat jelas saat pasir tersebut terkena air laut dan paparan sinar matahari langsung.

Asal muasal Pantai Tangsi sendiri tidak jelas. Namun kata Tangsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ‘’asrama’’ atau ‘’barak’’.

Jika dilihat dari lingkungan sekitarnya, tempat ini dulunya merupakan markas tentara Jepang. Hal ini dibuktikan dengan adanya gua buatan dan sebuah meriam peninggalan Penjajah Jepang.

Selain keindahan pasir pantainya yang berwarna pink, Pantai Tangsi juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Di sekeliling Pantai juga terdapat semacam pondok yang disediakan bagi para pengunjung untuk menikmati hamparan lautan lepas yang indah.

Pemandangan dari atas tebing tersebut membuat pengunjung terpukau akan indahnya panorama laut. Dengan aroma air laut yang khas dan hembusan angin pantai disertai suara ombak yang membentur karang, akan membuat hati siapapun yang berkunjung ke Pantai Tangsi ini merasakan sensasi ketenangan.

Pantai Tangsi memiliki arus yang cukup tenang serta deburan ombak yang kecil, cocok bagi pengunjung untuk bermain dan melakukan beberapa kegiatan seperti berenang, memancing, snorkeling, bersantai-santai di tepi pantai dan berfoto-foto ria.

Tidak cukup dengan menikmati keindahan alam Pantai Tangsi saja, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan yang bisa memuat 8-10 orang untuk berkeliling di gugusan pulau-pulau kecil (Gili) dengan tarif Rp 10 ribu per orang.

Pantai Tangsi terletak di Desa kecil Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Untuk mencapai lokasi Pantai Tangsi atau Pantai Pink tersebut, wisatawan dapat melewati rute dari Kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit.

Pintu masuk Pantai Tangsi berada sekitar 1 km sebelum Pantai Tanjung Ringgit. Dari pinggir jalan akan terlihat sebuah rambu yang bertuliskan ‘’PANTAI PINK 50 meter’’. Dari situ, Anda hanya tinggal berjalan kaki menuju lokasi Pantai Pink Lombok.

Namun, karena fasilitas jalan yang rusak dan berlubang membuat waktu tempuh yang lebih lama.

Mendekati area Pantai Tangsi, Anda akan menemukan dua gerbang masuk. Pengunjung tidak membayar apapun di gerbang pertama. Di gerbang kedua, penjaga akan meminta uang tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Sayangnya, fasilitas di Pantai Pink masih sangat terbatas. Kamar mandi, toilet, dan penginapan belum tersedia di sini. Jika Anda berkunjung ke Pantai Tangsi, ada baiknya agar membawa sendiri makanan, minuman, mobil pribadi serta alat-alat keperluan lainnya sebelum berangkat, karena di sini tidak ada warung yang tersedia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s