Berpetualang dan Menikmati Indahnya Pulau Sempu di Malang

Pulau Sempu adalah salah satu surga wisata di Indonesia. Daya tarik pulau ini terdapat pada danau alam yang berada di tengah Pulau tersebut. Selain itu, ada juga sebuah Pantai di dalam Pulau yang bernama Laguna Segara Anakan yang memiliki pasir putih seluas 4 hektar.

Kawasan Pulau Sempu secara dominan ditumbuhi oleh pepohonan tropis seluas 877 hektar yang merupakan sebuah kawasan cagar alam.

Dengan demikian, sebelum memasuki kawasan wisata Pulau Sempu Anda harus memiliki izin masuk khusus. Sebab Pulau Sempu merupakan kawasan konservasi yang dilindungi melalui ketentuan hukum yang berlaku.

Sebelumnya, Pulau Sempu bukanlah destinasi wisata populer. Kebanyakan orang lebih tertarik mengunjungi Wana Wisata Sendang Biru yang dikelola oleh perhutani Malang. Bahkan sebelum tahun 1998, seluruh cagar alam termasuk Pulau Sempu di jaga ketat oleh militer.

Pada awalnya, kondisi Pulau Sempu memang memprihatinkan. Namun keindahan Pulau Sempu mulai menyebar dari mulut ke mulut serta dibantu para traveler yang ikut serta menjual paket wisata ke Pulau Sempu. Akhirnya, media pun sontak memberitakannya sebagai surga di Jawa Timur.

Di Pulau Sempu tidak ada hotel, penginapan dan guesthouse. Semua harus berkemah dan inilah justru yang menjadikan liburan Anda semakin menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa berenang, bersantai serta menikmati panorama sekitar Pantai Laguna.

Dari sini, maka Anda akan menemukan suasana intim di tengah indahnya alam. Tidak hanya itu, Pulau Sempu juga menyuguhkan beberapa tempat yang menarik seperti pantai waru-waru, telaga lele, pantai pasir panjang, tiger cave, pantai fresh water dan pantai pasir kembang yang menjadikan liburan Anda semakin menyenangkan.

Foto: royale.travel

Pulau Sempu terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang jaraknya sekitar 80 km dari Kota Malang. Jika berangkat dari arah Surabaya, maka Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 180 km.

Namun jika Anda berangkat dari arah Malang, maka diperlukan waktu selama 2-3 jam perjalanan untuk tiba di kawasan Pantai Sendang Biru.

Dari Pantai ini, Anda harus menyewa perahu yang bisa membawa penumpang hingga 12-15 orang untuk mengantar sampai ke Teluk Semut dengan harga sewa IDR100.000 tiap orang. Harga ini sudah termasuk perjalanan pulang pergi.

Untuk Anda yang tidak berencana berkemah, maka jangan lupa kembali ke titik penjemputan pada waktu yang sudah disepakati. Dengan ini, nelayan yang mengantar dan menjemput Anda untuk kembali ke Pantai Sendang Biru tidak kesulitan mencari.

Jangan lupa untuk bertukar nomor telepon dengan nelayan tersebut guna menjamin koordinasi penjemputan yang lancar.

Nah, biaya masuk ke Pulau Sempu tergolong murah bukan? Namun jika Anda hanya berkunjung sendirian bisa saja biayanya akan lebih tinggi. Tapi jangan khawatir, murah mahalnya harga tersebut akan tergantikan dengan panorama yang indah di Pulau Sempu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s